Relawan di depan bangkai mobil
Archive | Documentary | Event | Video

Melawan Maut Erupsi Merapi 5 November 2010

Kondisi Gunung Merapi akhir-akhir ini menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanisnya. Di tahun 2020, gunung ini tercatat telah mengalami beberapa kali erupsi meskipun dengan intensitas yang ringan.

Status Merapi saat ini pun ditingkatkan menjadi level 2 yaitu waspada. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pun meminta agar radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk maupun pendakian. BPPTKG memperkirakan bahwa erupsi Merapi sudah semakin dekat namun tidak akan sebesar erupsi tahun 2010.

Pada 2010 lalu, Gunung Merapi mengalami “Mega Erupsi”. Erupsi pertama tercatat pada tanggal 26 Oktober 2010 dengan sedikitnya terjadi hingga 3 kali letusan. Sedikitnya 43 orang meninggal dunia karena letusan tersebut, salah satunya ialah Mbah Maridjan.

Baca juga Wasiat Mbah Maridjan

Aktivitas vulkanis Merapi tak langsung mereda, aktivitas semburan lava dan awan panas meningkat pada 3 November 2010. Hingga akhirnya erupsi eksplosif terjadi pada 4 November 2020. Letusan besar pada pagi hari itu berlanjut pada siang hari dengan letusan yang tak henti-henti hingga akhirnya mencapai puncak pada 5 November 2010 dini hari. Terdengar suara gemuruh, hujan abu vulkanik pekat, dan hingga hujan kerikil.

Tim Jogja Archive ikut mendokumentasikan proses evakuasi setelah letusan 5 November 2010 dini hari. Berikut arsip Erupsi Merapi 5 November 2010 dari Jogja Archive.

  1. Material vulkanis beserta awan panas mencapai jarak lebih dari 15 km dari pusat letusan. Zona bahaya diperluas menjadi 20 kmpara relawan berkumpul

 

  1. Tim SAR, relawan dan Kopassus berkumpul untuk berkoordinasi sebelum melakukan evakuasikoordinasi tim evakuasi

 

  1. Tim Gabungan mengevakuasi jenazah para korban yang tidak sempat menyelamatkan diriproses evakuasi jenazah

 

  1. Kendaraan warga rusak berat disapu awan panas erupsi Merapikendaraan warga

 

  1. Hewan-hewan ternak milik warga juga menjadi korban keganasan erupsi Merapi 2010bangkai hewan ternak

 

  1. Terdapat beberapa rumah yang hancur terbakar. Tampak puing-puing rumah warga yang masih dilahap kobaran apikobaran api

 

  1. Banyak harta benda yang tak sempat diamankan. Tampak bangkai seekor sapi di samping mobil yang habis terbakar.bangkai sapi dan mobil

 

  1. Tim gabungan bahu membahu mengevakuasi jenazah para korban hingga esok hariproses evakuasi pagi

 

Semoga perkiraan BPPTKG tentang kekuatan erupsi Merapi kali ini tidak sedahsyat tahun 2010 benar ya. Agar tidak jatuh banyak korban jiwa.

Tonton videonya di bawah ini

 

 

Kamu suka? Yuk bagikan tulisan ini.

Similar Posts