MERAPI SIAGA Awan Panas Mulai Keluar dari Gunung Merapi 3
Archive | Event | Merapi

MERAPI SIAGA | Awan Panas Mulai Keluar dari Gunung Merapi

Gunung Merapi terpantau mulai mengeluarkan awan panas. Aktivitas vulkanis ini tercatat terjadi pada Kamis (07/01/21) pada pukul 08.02 WIB dan terekam melalui kamera CCTV Panguk-Gunung Merapi milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

MERAPI SIAGA Awan Panas Mulai Keluar dari Gunung Merapi 2

Menurut keterangan dari Kepala BPPTKG Daerah Istimewa Yogyakarta, Hanik Humaida, aktivitas awan panas tersebut tercatat di seismogram Gunung Merapi dengan amplitude 28 mm berdurasi selama 154 detik. Sedangkan jangkauan jarak luncurnya kurang dari 1 kilometer dengan tinggi kurang lebih 200 meter.

Baca juga
KODIM Sleman Semprot Disinfektan
Peternak Sapi Perah Merapi Bagi Susu Gratis untuk Warga Terdampak Corona

Melalui video pernyataan yang Tim Jogja Archive terima, Hanik menjelaskan bahwa terkait status Gunung Merapi sampai saat ini masih siaga. Dan untuk rekomendasi yang diberikan juga masih sama dengan rekomendasi pada saat status dinaikkan menjadi siaga.

MERAPI SIAGA Awan Panas Mulai Keluar dari Gunung Merapi

“Kepada masyarakat kami sampaikan, kami himbau untuk terus ikuti arahan dari pemerintah daerah, dan juga informasi dari kami” himbau Kepala BPPTKG DIY melalui video pernyataan yang dibuat pada pukul 11.13 WIB ini.

Tak lama setelah Kepala BPPTKG DIY memberikan pernyataan tersebut, Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panasnya pada pukul 12.50 WIB.

MERAPI SIAGA Awan Panas Mulai Keluar dari Gunung Merapi 4

Baca juga
Melawan Maut Erupsi Merapi 5 November 2010
Momen Warga Sekitar Merapi Saat Terjadi Erupsi 10 Tahun Silam

Subscribe Youtube Channel Jogja Archive untuk mendapatkan informasi video-video terbaru seputar Jogja.

 

Kamu suka? Yuk bagikan tulisan ini.

Similar Posts